KATEGORI

Minggu, 13 Januari 2013


Mengenal Lebih Dekat Tentang Sastra



Pengertian Sastra
1. Apakah sastra itu?
Sastra adalah karya tulis dan jika dibandingkan dengan karya tulis lainnya, memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorsinilan, keartistikan, serta keindahan dalam isi dan keungkapannya.
Aspek apakah yang harus ada daam sastra?
Ada tiga aspek yang harus ada dalam sastra, yaitu keindahan, kejujuran, dan kebenaran, kalau ada salah satu karya sastra mengobarkan salah satu aspek ini, misalnya dalam alasan komersial, maka satra itu kurang baik.
Ada beberapa jenis sastra?
Sastra terdiri dari tiga jenis, prosa, drama dan puisi
Apakah Prosa itu?
Prosa ialah jenis karya sastra yang dibedakan dengan puisi karena tidak terlalu terikat oleh irama, rima, atau kemerduan bunyi . Bahasa prosa dekat dengan bahasa sehari-hari. Yang termasuk prosa adalah, Cerita pendek, esai dan novel.
Apakah drama itu?
Drama berarti perbuatan, tindakan. Berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya. Drama adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak. Konflik dari sifat manusia merupakan sumber pokok drama
Apakah Puisi Itu?
Puisi adala jenis sastra yang bentuknya dipilih dan ditata dengan cara cermat sehingga mampu mempertajam kesadaran orang akan suatu pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat bunyi, Irama dan makna Khusus. Puisi mencakupi satuan yang lebih kecil, seperti sajak, antun dan balada.
2. Manfaat Sastra
Apakah manfaat sastra?
Penyair Romawi kuno, Horatius merumuskan manfaat sastra dengan ungkapan yang padat, yaitu dulce et utile “menyenangkan dan bermanfaat”
Menyenangkan dapat dikaitkan dengan aspek hiburan yang diberikan sastra, sedangkan bermanfaat bisa dihubungkan dengan pengalaman hidup yang ditawarkan sastra.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar